PENGARUH MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020

Asih, Ni Putu Asri Giri (2020) PENGARUH MODEL AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS V MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031340_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031340_ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031340_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031340_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031340_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031340_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031340_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031340_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031340_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model AIR berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus V Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 8 kelas dari 6 SD di Gugus V Mengwi tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri atas 266 siswa kelas IV. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 74 orang yaitu 35 siswa kelas IV di SDN 3 Buduk sebagai kelas eksperimen dan 39 siswa kelas IV di SDN 1 Buduk sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes. Instrument pengumpulan data yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians, namun terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas dengan rumus Fisher. Dengan demikian, berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 2.810 > ttabel = 1.993 pada taraf signifikansi 5% dengan (dk = 35 + 39 - 2 = 72), sehingga tolak Ho yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media audio visual dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus V Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Selain itu, rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 73,771 > = 68.410 rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok kontrol. Jadi berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus V Mengwi tahun ajaran 2019/2020. Kata Kunci: model AIR, media audio visual, dan kompetensi pengetahuan IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model AIR, media audio visual, dan kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Asri Giri Asih
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:14
Last Modified: 29 Jul 2020 03:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item