Tangkas, Wayan Eka Ardiana (2020) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031317-COVER.pdf Download (987kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031317-ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031317-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031317-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031317-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031317-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHSAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031317-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031317-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031317-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik menggunakan media konkret terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah eksperimen semua dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Bangli. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPA dianalisis dengan uji-t. Hasil analis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar muatan pembelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media konkret pada siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Bangli. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan thitung (5,79) lebih besar dari nilai ttabel (1,99). Rata-rata skor hasil belajar IPA siswa menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media konkret yaitu 21 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar IPA siswa yang tidak menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media konkret yaitu 17. Dengan demikian maka terdapat pengarauh pendekatan saintifik menggunakan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Saintifik, Media Konkret |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Wayan Eka Ardiana Tangkas |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 06:05 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 06:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3270 |
Actions (login required)
View Item |