PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN AJARAN 2019/2020

Tangkas, Wayan Eka Ardiana (2020) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD GUGUS II KECAMATAN BANGLI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031317-COVER.pdf

Download (987kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031317-ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031317-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (438kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031317-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031317-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031317-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHSAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031317-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031317-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (316kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031317-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik menggunakan media konkret terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPA siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah eksperimen semua dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD kelas V Gugus II Kecamatan Bangli. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda. Data Hasil Belajar IPA dianalisis dengan uji-t. Hasil analis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar muatan pembelajaran IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media konkret dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media konkret pada siswa SD kelas V di Gugus II Kecamatan Bangli. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan thitung (5,79) lebih besar dari nilai ttabel (1,99). Rata-rata skor hasil belajar IPA siswa menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media konkret yaitu 21 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar IPA siswa yang tidak menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media konkret yaitu 17. Dengan demikian maka terdapat pengarauh pendekatan saintifik menggunakan media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus II Kecamatan Bangli Tahun Pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Saintifik, Media Konkret
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Wayan Eka Ardiana Tangkas
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:05
Last Modified: 29 Jul 2020 06:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item