PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE REVERSAL QUESTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KLUNGKUNG TAHUN AJARAN 2019/2020

Santi, Ni Wayan Prawi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE REVERSAL QUESTION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN KLUNGKUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031338-COVER.pdf

Download (541kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031338-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031338-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031338-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031338-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1611031338-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031338-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031338-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031338-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model role reversal question berbantuan media audio visual dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Klumgkung Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperiment (Eksperimen Semu). Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus III Kecamatan Klungkung yang berjumlah 268 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah SD Negeri 3 Semarapura Klod dan SD Negeri 2 Semarapura Klod Kangin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan jenis tes objektif. Data yang dikumpulkan berupa nilai penguasaan kompetensi pengetahuan PPKn dianalisis dengan uji t. Dari sebaran data, diperoleh rata-rata kompetensi pengetahuan PPKn kelompok eksperimen yaitu 85,41 sedangkan kelompok kontrol yaitu 81,38. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 2.166 dan ttabel = 2.019 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 41. Oleh karena thitung > ttabel (2.166 > 2.019) maka Ho ditolak, hal itu berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PPKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran role reversal question berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus III Kecamatan Klungkung Tahun Ajaran 2019/2020. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role reversal question berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn pada siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Klungkung Tahun Ajaran 2019/2020. Kata kunci: role reversal question, audio visual dan kompetensi pengetahuan PPKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: role reversal question, audio visual, kompetensi pengetahuan PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Prawi Santi
Date Deposited: 29 Jul 2020 06:08
Last Modified: 29 Jul 2020 06:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3293

Actions (login required)

View Item View Item