PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI KINGDOM ANIMALIA KELAS X DI SMA

Sari, Lila Cita Arum (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI KINGDOM ANIMALIA KELAS X DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041050-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041050-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041050-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041050-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041050-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041050-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan Multimedia Interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Biologi materi Animali kelas X di SMA. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggabungkan berbagai komponen multimedia yaitu, teks, gambar, video, animasi, audio dan tombol interaktif. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Reseach and Development) yang mengacu pada pendapat Sugiyono (2009). Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek uji coba terdiri dari ahli isi materi dan ahli media pembelajaran sebagai validator, praktisi sebagai subjek uji coba kepraktisan produk dan 3 orang siswa sebagai subjek uji coba perorangan. Instrument yang digunakan berupa angket yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Validasi materi dari dosen berada pada nilai 4,04 dengan kriteria Valid, sedangkan dari guru memperoleh nilai 4,61 dengan kriteria Sangat Valid, 2) Validasi media dari dosen berada pada nilai 4,05 dengan kriteria Valid dan hasil penilaian dari guru sebesar 4,7 dengan kriteria Sangan Valid, 3) Kepraktisan produk yang dinilai oleh guru berada pada nilai 4,78 dengan kriteria Sangat Praktis dan 4) Hasil uji coba perorangan menunjukkan nilai sebesar 4,47 dengan kriteria Sangat Praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Macromedia Flash 8
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Lila Cita Arum Sari
Date Deposited: 29 Jul 2020 04:39
Last Modified: 29 Jul 2020 04:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3319

Actions (login required)

View Item View Item