PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA HIJAU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Sri Wulan Angga Dewi, I Dewa Ayu (2019) PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA HIJAU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
1723071020-COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723071020-ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1723071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1723071020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723071020-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk buku ajar kimia hijau kelas XI semester 2 untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mendeskripikan: (1) kevalidan; (2) kepraktisan; (3) keefektifan dan (4) karakteristik buku ajar kimia hijau yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) mengadaptasi prosedur penelitian 4D dari S.Thiagarajan. Tahap prosedur penelitian ini mencakup: (1) tahap define meliputi tahap analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep,dan spesifikasi tujuan; (2) tahap design meliputi tahap merancang silabus, RPP, LKS dan buku ajar kimia hijau; (3) tahap develop meliputi uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku ajar kimia hijau dan (4) tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya peneliti. Data hasil penelitian ini meliputi data analisis kebutuhan, data hasil perencanaan produk, data hasil kevalidan ahli dan praktisi, data hasil uji keterbacaan, kepraktisan dan keefektifan buku ajar. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk data kevalidan, kepraktisan dan keefektifan buku ajar. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) buku ajar yang dikembangkan mendapat penilaian kategori valid dari ahli dan praktisi; (2) hasil uji kepraktisan buku ajar tergolong kategori praktis (3) hasil uji keefektifan buku ajar tergolong kategori efektif dan (4) karakteristik buku ajar yang dikembangkan menyajikan informasi mengenai bahaya bahan kimia sintetis, pencegahan penggunaan bahan kimia sintetis dan penggantian bahan kimia sintetis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: buku ajar, hasil belajar, kimia hijau
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Dewa Ayu Sri Wulan A.D.
Date Deposited: 22 Oct 2019 05:20
Last Modified: 22 Oct 2019 05:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/332

Actions (login required)

View Item View Item