Kencanawati, Sang Ayu Made Monik (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 4 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011052-COVER.pdf Download (993kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011052-ABSTRAK.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (441kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011052-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011052-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011052-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011052-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011052-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain yang digunakan yaitu post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Denpasar,. Sampel penelitian yang digunakan adalah sebanyak 80 orang. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan berpikir kreatif siswa didapatkan melalui tes dalam bentuk uraian. Analisis data menggunakan uji-t satu ekor dengan alpha 5%. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif penelitian menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 2,02 dan ttabel = 1,99. Untuk rata-rata nilai kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diperoleh setelah diberi perlakuan di kelas eksperimen sebesar 62,05 dan kelas kontrol sebesar 53,86. Hasil yang diperoleh berdasarkan data bahwa thitung > ttabel. Berdasarkan hipotesis dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak jika thitung > ttabel. Hal ini berarti, kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI lebih baik jika dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Sang Ayu Made Monik Kencanawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:16 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3326 |
Actions (login required)
View Item |