PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A1 SMP NEGERI 1 SINGARAJA

Andriyani, I Gusti Ayu Megasari (2020) PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII A1 SMP NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011079-COVER.pdf

Download (676kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011079-ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011079-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011079-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011079-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Blended Learning berbantuan Video Tutorial dalam proses pembelajaran matematika adalah salah satu alternative yang dapat digunakan untuk membantu dalam meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 32 orang siswa. Pengumpulan data kemandirian belajar matematika siswa dilakukan menggunakan lembar observasi, sedangkan pengumpulan data prestasi belajar matematika siswa menggunakan tes prestasi belajar dalam bentuk uraian. Hasil dari penelitian ini yaitu persentase skor kemandirian belajar matematika siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus yaitu 51,11%, 64,86% dan 65,68% dimana pada akhir siklus kemandirian belajar matematika siswa berada pada kategori baik. Skor rata-rata dari tes prestasi belajar matematika siswa dari siklus ke siklus yaitu 46,06, 71,06, dan 83,75 dimana persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada setiap siklusnya adalah 25,00%, 62,50% dan 84,38%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Blended Learning berbantuan Video Tutorial mampu meningkatkan kemandirian belajar dan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: blended learning, video tutorial, kemandirian belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I GUSTI AYU MEGASARI ANDRIYANI
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:12
Last Modified: 30 Jul 2020 01:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item