THE EFFECTS OF METACOGNITIVE STRATEGIES ON THE STUDENTS’ WRITING COMPETENCY ACROSS TEXT GENRES

MIA SARTIKA EKA DEWI, PUTU (2019) THE EFFECTS OF METACOGNITIVE STRATEGIES ON THE STUDENTS’ WRITING COMPETENCY ACROSS TEXT GENRES. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729081016-COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729081016-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1729081016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729081016-LAMPIRAN.pdf

Download (551kB)

Abstract

ABSTRAK Putu Mia Sartika Eka Dewi (2019). Efek Strategi Metakognitif Pada Kompetensi Menulis Siswa Dengan Jenis Teks Yang Berbeda. Tesis, English Education Department, Post Graduate Program, Ganesha University of Education. Tesis ini sudah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing I: Prof. Drs. Dewa Komang Tantra, M.Sc., Ph.D. dan pembimbing II: Dr. Ni Made Ratminingsih, MA. Key words: strategi PLEASE, strategi POWER dan text genres Tujuan penelitian adalah 1) membuktikan pengaruh yang signifikan dari strategi PLEASE dan POWER pada kompetensi menulis siswa, 2) membuktikan perbedaan yang signifikan dari efek strategi PLEASE dan POWER pada kompetensi siswa dalam menulis berdasarkan deskriptif text genres, dan 3) membuktikan perbedaan yang signifikan dari efek strategi PLEASE dan POWER pada kompetensi siswa dalam menulis berdasarkan recount text genres. Penelitian ini menerapkan desain penelitian kuasi-eksperimen dengan dua kelompok. Sampel direkrut dari dua kelas utuh menggunakan purposive sampling. Dan, kedua kelompok ditugaskan ke kelompok yang berbeda secara acak. Sebelum melakukan percobaan, skenario eksperimental divalidasi oleh dua ahli. Penilaian kinerja penulisan diberikan untuk mengukur kompetensi menulis siswa di seluruh genre teks. Sebelum pemberian, instrumen divalidasi untuk keterbacaannya (Grounlund = 0,77), keandalan (Cronbach alpha = 0,828), dan validitas konten (Pearson's = 0,828). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasilnya menunjukkan, pertama, pengaruh yang signifikan dari PLEASE startegy pada kompetensi menulis siswa di SMPN 12 Denpasar. Efek dari strategi PLEASE lebih signifikan daripada strategi POWER. Kedua, strategi PLEASE dan POWER secara signifikan berpengaruh terhadap kompetensi menulis siswa disemua jenis teks deskriptif dan recount. Hasilnya PLEASE atau POWER strategi bisa menjadi alternatif strategi ketika siswa Sekolah Menengah Pertama menulis genre teks bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi PLEASE, strategi POWER, text genres
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: PUTU MIA SARTIKA EKA DEWI
Date Deposited: 26 Oct 2019 06:44
Last Modified: 26 Oct 2019 06:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item