Exploring Indonesian Lecturers' Perception on Students' Plagiarism Act in Higher Education Context

Nugraha, I Gede Nyoman Arya Risaldi Dwi (2020) Exploring Indonesian Lecturers' Perception on Students' Plagiarism Act in Higher Education Context. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1412021090 - COVER.pdf

Download (945kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1412021090 - ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412021090 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412021090 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1412021090 - BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 TEMUAN DAN PEMBAHASAN)
1412021090 - BAB 4 TEMUAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
1412021090 - BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412021090 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1412021090 - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mencari tahu: (1) persepsi dosen terhadap tindakan plagiarism mahasiswa di perguruan tinggi dan (2) menemukan solusi untuk mencegah tindak plagiarism mahasiswa. Dua instrument digunakan untuk mengumpulkan data, yakni kuesioner dan wawancara. Keduanya terbagi kedalam dua dimensi, yakni dimensi knowledge dan dimensi attitude. Kuesioner terdiri dari 12 pernyataan dengan 4 respon tersedia di tiap dimensi. Sementara itu, ada 3 pertanyaan untuk sesi wawancara dengan 1 pertanyaan mewakili dimensi knowledge dan 2 pertanyaan mewakili dimensi attitude. Ada 37 dosen EFL yang menjadi partisipan dalam pengisian kuesioner, yang lalu mengerucut menjadi 5 dosen sebagai narasumber wawancara. Hasil dari kedua pengambilan data adalah positif. Hasil tersebut menyiratkan dosen untuk membuat kontrak sebelum kelas dimulai agar mahasiswa waspada terhadap tindak plagiarism. Disarankan untuk menginterogasi terlebih dahulu dibandingkan memberi hukuman langsung jika mahasiswa terbukti melakukan tindakan plagiarisme. Kata kunci: plagiarisme, persepsi, dosen EFL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: plagiarisme, persepsi, dosen EFL.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gede Nyoman Arya Risaldi Dwi Nugraha
Date Deposited: 04 Aug 2020 11:08
Last Modified: 04 Aug 2020 11:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3862

Actions (login required)

View Item View Item