Pratiwi, Ni Wayan Eka (2020) Pengaruh Model Project Based E-Learning dan Prokrastinasi Akademik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI SMA. Masters thesis, universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829071012-COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829071012-ABSTRAK.pdf Download (654kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829071012-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang belajar dengan project based e-learning dengan direct e-learning, 2) menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi dan yang rendah, 3) menganalisis pengaruh interaktif antara model dan prokrastinasi akademik terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalah lima kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bebandem tahun pelajaran 2019/2020. Empat kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik group random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data prokrastinasi akademik dikumpulkan dengan kuesioner, data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian dan data prestasi belajar kimia dengan tes pilihan ganda diperluas. Data dianalisis secara deskriptif dan multivariate analysis of covariance dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang belajar dengan model project based e-learning dan peserta didik yang belajar dengan model direct e-learning, dengan hasil yang lebih baik pada peserta didik yang belajar dengan model project based e-learning. Perbedaan prokrastinasi akademik yang dimiliki peserta didik berdampak pada perolehan prestasi belajar kimia, tetapi tidak berdampak pada capaian keterampilan berpikir kritis. Model e-learning (project based e-learning dan direct e-learning) akomodatif terhadap peserta didik dengan prokrastinasi akademik tinggi atau rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model project based e-learning dan prokrastinasi akademik secara signifikan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan prestasi belajar kimia peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model project based e-learning, prokrastinasi akademik, keterampilan berpikir kritis, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Eka Pratiwi |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 03:15 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 03:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3868 |
Actions (login required)
View Item |