NUARTA, I GEDE (2020) STUDI EVALUATIF PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN SERIRIT. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (Cover)
1829031002-COVER.pdf Download (838kB) |
|
Text (Abstrak)
1829031002-ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
1829031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (122kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Teori)
1829031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1829031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4 Hasil Dan Pembahasan)
1829031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text (Penutup)
1829031002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
1829031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text (Lampiran)
1829031002-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
STUDI EVALUATIF PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN SERIRIT I GEDE NUARTA, NIM 1829031002 Program Studi Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Seririt ditinjau dari : (1) contex; (2) input; (3) process; (4) product; (5) contex, input, process, dan product; dan (6) kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Seririt. Penelitian dilaksanakan pada TK di Kecamatan Seririt menggunakan rancangan penelitian evaluasi dengan model CIPP. Pengambilan data dengan kuesioner yang diisi oleh 105 responden. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan program Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Seririt ditinjau dari: (1) contex berdasarkan skor T menunjukkan hasil positif (+); (2) input berdasarkan skor T menunjukkan hasil positif (+); (3) process berdasarkan skor T menunjukkan hasil negatif (-); (4) product berdasarkan skor T menunjukkan hasil positif (+); (5) contex, input, process, dan product pada Kuadran Glickman menunjukkan pelaksanaan program pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Seririt termasuk kategori efektif; dan (6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Seririt antara lain: (a) Sulit memotivasi guru untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) secara mandiri. Hal ini terjadi karena masih kurangnya pelatihan guru terkait penyusunan RPPM dan RPPH; (b) Sering terjadi kesenjangan antara perencanaan pembelajaran dengan proses pembelajaran dimana pembelajaran yang direncanakan guru belum memperhatikan kecukupan jumlah dan keragaman jenis bahan ajar serta alat permainan edukatif dengan peserta didik. Selain itu, jumlah dan keragaman jenis bahan ajar serta alat permainan edukatif di sekolah masih minim, khususnya untuk TK swasta; (c) Guru masih terkendala melaksanakan pendekatan saintifik di kelas TK yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan. Rancangan kegiatan pembelajaran dan proses pembelajaran masih cenderung berpusat pada guru.; (d) Pada kegiatan penutup pembelajaran guru masih jarang memperhatikan: kesimpulan sederhana dari kegiatan belajar, nasihat-nasihat yang mdukung kebiasaan baik; refleksi dan umpan balik terhadap kegiatan belajar; kegiatan penenang seperti bernyanyi, bersyair, dan bercerita; menginformasikan rencana pembelajarn berikutnya; dan (e) Guru mengalami kesulitan dalam mendesain proses pembelajaran yang kontekstual. Kata kunci: Evaluasi CIPP, Program TK
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi CIPP, Program TK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Gede Nuarta |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 04:30 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 04:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3897 |
Actions (login required)
View Item |