Wiguna, I Made Satria (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING (JITT) BERBANTUAN EDMODO TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL ARITMETIKA SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1529051015-COVER.pdf Download (262kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1529051015-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1529051015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1529051015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1529051015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1529051015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1529051015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1529051015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (175kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1529051015-LAMPIRAN.pdf Download (967kB) |
Abstract
Satria Wiguna, I Made. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Just in Time Teaching (JiTT) Berbantuan Edmodo Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Aritmetika Siswa. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja : Pascasarjana Undiksha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Gusti Putu Suharta, M.Si. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si, Kata kunci : Just in Time Teaching; Edmodo; Pemahaman Konsep Matematika; Kemampuan Awal Matematika; Mixed Method Pemahaman konsep matematika siswa adalah kemampuan siswa dalam menemukan dan menjelaskan , menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan suatu konsep matematika berdasarkan pembentukan pengetahuannya sendiri, bukan sekedar menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Just in Time Teaching (JiTT) berbantuan Edmodo ter-hadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal aritmatika siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method “concurrent embedded” yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Denpasar. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 360 orang siswa yang terbagi ke dalam sembilan kelas yang setara. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi hasil karya siswa, kuesioner, tes, dan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan cara cross-check data dengan fakta dari sumber lainnya. Analisis kovarians (anakova) digunakan untuk menganalisis data kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran JiTT berbantuan Edmodo lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif diperoleh hasil bahwa pembelajaran JiTT terbukti berperan positif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika kelas VII SMPN 7 Denpasar. Terlihat dari antusiasme dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Just in Time Teaching, Edmodo, Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Awal Aritmetika, Mixed Method |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | I Made Satria Wiguna |
Date Deposited: | 07 Aug 2020 14:46 |
Last Modified: | 07 Aug 2020 14:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3905 |
Actions (login required)
View Item |