PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN LKS INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA

Dewi, Anak Agung Novi Kusuma (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN LKS INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1529051015-COVER.pdf

Download (295kB)
[img] Text (ASBTRAK)
1529051015 - ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1529051015 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1529051015 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1529051015 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1529051015 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1529051015 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1529051015 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1529051015 - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kecerdasan logis matematika siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method tipe“concurrent embedded” yang menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif secara bersama–sama juga dalam waktu yang sama. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Dwijendra Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 248 orang siswa yang terdistribusi ke dalam delapan kelas yang memiliki kemampuan setara. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan analisis varian dua jalur dan secara kualitatif dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah yang mengikuti pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS interaktif memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika yang lebih tinggi daripada siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi. Selain itu diperoleh hasil pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dan rendah, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS interaktif lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Sementara itu, hasil analisis secara kualitatif menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKS interaktif terbukti berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa karena siswa lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, lebih mudah dalam mengingat konsep yang dipelajari, lebih terlatih untuk mengembangkan pemikiran yang kritis dan logis, serta tumbuhnya rasa mandiri dan persaingan yang sehat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penemuan terbimbing,LKS interaktif,Kemampuan pemahaman konsep matematika,Kecerdasan logis matematis,mixed method
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Anak Agung Novi Kusuma Dewi
Date Deposited: 07 Aug 2020 15:10
Last Modified: 07 Aug 2020 15:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3915

Actions (login required)

View Item View Item