PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KUTA

Nidia Sari, Rosalia Made Veny (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 KUTA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011014-COVER.pdf

Download (423kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011014-ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (485kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (910kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS); 2) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional; 3) untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kuta Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 490 siswa dan terbagi menjadi 14 kelas. Dalam penelitian ini, terdapat 208 sampel yang digunakan dan terbagi menjadi enam kelas yaitu dua kelas eksperimen 1, dua kelas ekperimen 2, dan dua kelas kontrol. Sampel yang digunakan ditentukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan F=2,357; 2,386; 2,414; dan 4,550 dan angka signifikansi kurang dari 0,05 (p < 0,05); 2) Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional dengan F= 7,499; 8,119; 8,738; dan 17,460 dan angka signifikansi kurang dari 0,05 (p < 0,05); 3) Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional dengan F=2,187; 2;197; 2,207 dan 3,822 dan memiliki signifikansi kurang dari 0,05 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), GeoGebra, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Rosalia Made Veny Nidia Sari
Date Deposited: 14 Oct 2020 01:04
Last Modified: 14 Oct 2020 01:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3970

Actions (login required)

View Item View Item