An Analysis of the Implementation of Character Education by Senior High School Teacher

Widiantari, Ida Ayu Putu Anugrah (2020) An Analysis of the Implementation of Character Education by Senior High School Teacher. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021057-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021057-ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021057-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021057-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021057-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021057-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021057-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021057-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana guru merencanakan, mengimplementasikan, dan menilai pendidikan karakter. Penelitian ini melibatkan seorang guru bahasa Inggris sekolah menengah atas. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi, catatan lapangan, perekam suara, panduan wawancara, dan peneliti sebagai instrumen utama. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode analisis yang diusulkan oleh Miles & Huberman (1994). Metode analisis terdiri dari empat langkah yaitu, pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru mengintegrasikan nilai karakter dalam tahap perencanaan dengan memasukkannya dalam tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Guru mengimplementasikan pendidikan karakter dengan memberikan teladan dan menjadi mentor, menciptakan komunitas moral, mengembangkan disiplin moral, menciptakan ruang kelas yang demokratis, mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, memasukkan nilai-nilai melalui kegiatan pembelajaran, dan pembiasaan. Dalam tahap penilaian, guru mengamati perilaku siswa secara langsung dan mengamati partisipasi siswa selama pembelajaran. Guru juga menggunakan self-assessment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Ayu Putu Anugrah Widiantari
Date Deposited: 13 Oct 2020 01:31
Last Modified: 13 Oct 2020 01:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3984

Actions (login required)

View Item View Item