THE EFFECTS OF SELF-CORRECTION AND PEER- CORRECTION ON THE STUDENTS’ WRITING COMPETENCY IN SMP PGRI 2 DENPASAR

DEWI, NI KADEK SUCI LAKSMI (2019) THE EFFECTS OF SELF-CORRECTION AND PEER- CORRECTION ON THE STUDENTS’ WRITING COMPETENCY IN SMP PGRI 2 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1729081014-COVER.pdf

Download (505kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1729081014-ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729081014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729081014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729081014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729081014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1729081014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729081014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1729081014-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ni Kadek Suci Laksmi Dewi (2019). The Effects of Self-Correction and Peer- Correction on the Students’ Writing Competency in SMP PGRI 2 Denpasar. Thesis, English Education Department, Post Graduate Program, Ganesha University of Education Tesis ini telah diperiksa dan disetujui oleh pembimbing I: Prof. Drs. Dewa Komang Tantra, M.Sc., Ph.D. dan pembimbing II: Drs. I Wayan Suarnajaya, M.A., Ph.D. Key words: self-correction, peer-correction, and tipe teks Menurut kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam mengajar Bahasa Inggris, ada empat keterampilan yang harus dikuasai siswa, yaitu: mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Menulis adalah salah satu keterampilan penting yang harus dipelajari siswa. Penerapan teknik self-correction dan peer-correction dalam proses pembelajaran menulis mampu meningkatkan kompetensi menulis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk membuktikan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara self-correction dan peer-correction pada kompetensi menulis siswa, 2) untuk membuktikan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara self-correction dan peer-correction pada kompetensi menulis siswa dalam menulis teks deskriptif, 3) untuk membuktikan adanya perbedaan pengaruh yang signifikan antara self-correction dan peer-correction pada kompetensi menulis siswa dalam menulis teks recount. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi-experimental dengan dua kelompok. Dua kelas dipilih sebagai sample menggunakan teknik purposive sampling. Selain itu, perlakuan dari kedua kelompok ditentukan secara acak. Sebelum melakukan percobaan, instrumen penelitian telah divalidasi oleh dua ahli. Penilaian kinerja diberikan untuk mengukur kompetensi menulis siswa di semua jenis teks. Sebelum digunakan, instrumen divalidasi untuk keterbacaannya (Grondlund = 0,79), keandalan (Cronbach alpha = 0,828), dan validitas konten (Pearson's = 0,878). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasilnya menunjukkan, pertama, teknik self-correction dan peer-coorection secara significant berpengaruh pada competency menulis siswa. Namun, pengaruh peer-correction secara signifikan lebih tinggi dari self-correction (F-rasio = 18,85; df = 58; α = 0,05). Kedua, teknik self-correction dan peer-correction secara signifikan berpengaruh terhadap kompetensi menulis siswa disemua jenis teks deskriptif dan recount (Qpcd1 = 4.50; Qpcd2 = 4.05; Qpcd3 = 8.55; Qscd1 = 2.06; Qscd2 = 4.67; Qscd3 = 6.74; Qpcr1 = 4.49; Qpcr2 = 3.98; Qpcr3 = 8.47; Qscr1 = 2.50; Qscr2 = 4.87; Qpcr3 = 7.37; α = 0.05). Hasilnya menyiratkan perlunya menerapkan teknik peer-correction daripada self-correction ketika siswa Sekolah Menengah Pertama menulis jenis teks bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: self-correction, peer-correction, tipe teks
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: NI KADEK SUCI LAKSMI DEWI
Date Deposited: 27 Oct 2019 23:05
Last Modified: 27 Oct 2019 23:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item View Item