THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATIONS OF THE LITTLE PRINCE IN ANTOINE DE SAINT EXUPERY’S THE LITTLE PRINCE (1943)

Dewi, Ida Ayu Oktaviana (2020) THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATIONS OF THE LITTLE PRINCE IN ANTOINE DE SAINT EXUPERY’S THE LITTLE PRINCE (1943). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021249-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021249-ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021249-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (452kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021249-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021249-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021249-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021249-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021249-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021249-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lima nilai inti pendidikan karakter sangat penting diajarkan sejak dini untuk mengembangkan karakter anak dalam kehidupannya di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana lima nilai inti pendidikan karakter dapat ditarik dari penokohan The Little Prince sebagai tokoh utama dalam The Little Prince (1943). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dari Miles & Huberman (2017) untuk mengidentifikasi lima nilai inti pendidikan karakter seperti yang dikemukakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mencirikan The Little Prince dalam novel The Little Prince (1943). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa The Little Prince memiliki lima nilai inti pendidikan karakter. Ditemukan bahwa hanya sedikit sub-nilai yang berkembang dari awal sampai akhir cerita yaitu; ramah, sopan, berani, jujur, setia, dan bertanggung jawab. Namun sebaliknya, di tengah hingga akhir cerita dapat diidentifikasi banyak sub-nilai yang dikembangkan yaitu sabar, tidak egois, pekerja keras, baik hati, cerdas, dan suka menolong. Selain itu, ada beberapa sub nilai yang tidak berkembang karena hanya ditemukan di tengah-tengah cerita yaitu ikhlas, percaya diri, peduli lingkungan, disiplin, dan rajin. Oleh karena itu, orang tua, guru, dan masyarakat memiliki peran penting untuk lebih menekankan pembelajaran tentang nilai-nilai tersebut guna memperkuat pemahaman anak tentang semua nilai yang diamanatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kata kunci: cerita anak, lima nilai inti, novel, pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: cerita anak, lima nilai inti, novel, pendidikan karakter.
Subjects: P Language and Literature > PS American literature
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ida Ayu Oktaviana Dewi
Date Deposited: 18 Oct 2020 22:21
Last Modified: 18 Oct 2020 22:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4030

Actions (login required)

View Item View Item