Pradana, I Gede Yokta (2020) PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI TIGA LEVEL (THREE-TIER) BERBASIS MARZANO DIMENSIONS OF LEARNING. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1823071008-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1823071008-ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823071008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (361kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823071008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823071008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823071008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1823071008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823071008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (459kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1823071008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes keterampilan berpikir tingkat tinggi tiga level (three-tier) berbasis marzano dimensions of learning. Prosedur pengembangan terdiri dari empat tahap yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Pengembangan dibatasi sampai pengujian instrumen dan uji coba tes. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang dosen ahli dalam bidang pendidikan IPA dan 152 orang siswa kelas VIII SMP. Data validitas dari 2 dosen ahli dianalisis untuk memperoleh validitas isi dan validitas konstruk tes. Skor hasil tes dari 152 siswa dianalisis untuk memperoleh nilai konsistensi internal butir, indeks daya beda, indeks kesukaran butir dan reliabilitas tes dan skor angket dari siswa digunakan untuk mendeskripsikan visibilitas tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa: (1) tes yang dikembangkan memenuhi validitas isi dan konstruk sehingga benar-benar dapat mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa; (2) konsistensi internal butir tes berada pada rentang 0,20 - 0,48; (3) indeks daya beda masing-masing item lebih besar dari 0,20; (4) indeks kesukaran butir tes berada pada rentang 0,30 – 0,54; (5) reliabilitas tes adalah 0,75 dengan taraf signifikansi 5%. Tes yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, reliabilitas, dan visibilitas sehingga dapat menjadi instrumen tes yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penelitian pengembangan, tes keterampilan berpikir tingkat tinggi, tes tiga level, marzano dimensions of learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | I Gede Yokta Pradana |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 01:08 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 01:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4063 |
Actions (login required)
View Item |