THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATION OF LILY OWENS IN SUE MONK KIDD’S THE SECRET LIFE OF BEES (2001)

Saraswati, I Gusti Ayu Diah Gita (2020) THE REPRESENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN THE CHARACTERIZATION OF LILY OWENS IN SUE MONK KIDD’S THE SECRET LIFE OF BEES (2001). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021234-COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021234-ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021234-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (428kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021234-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021234-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021234-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021234-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021234-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021234-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan karakter anak-anak didukung oleh keluarga, guru, dan lingkungan. Novel atau buku anak-anak dapat menjadi media interaktif untuk belajar pendidikan karakter untuk anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakterisasi dan perkembangan lima nilai inti yang diusulkan oleh Kementrian Pendidikan (2017) dari Lily Owens dalam novel berjudul The Secret Life of Bees (2001) melalui penggunaan deskriptif kualitatif oleh Miles, Huberman & Saldana (2014) dan studi sebelumnya. Hasilnya menunjukkan bahwa Lily memiliki 34 karakterisasi yang disingkat menjadi 11 kelompok, yaitu; spiritual (religius dan toleransi), cerdas (cerdas, kreatif, kritis, jeli, bibliofil, ambisius, pemecah masalah, penasaran, dan imajinatif), rajin (pekerja keras dan gigih), perubahan dari malas menjadi rajin, perubahan dari nakal (nakal, dan suka berbohong) menjadi bertanggung jawab, berdedikasi (jujur ​​dan sabar), baik hati (ramah, tulus, empatik, dan suka menolong), suka bertualang (percaya diri dan berani), emosional (takut, ragu-ragu, pemarah, dan memiliki suasana hati yang berubah-ubah), pecinta lebah, dan nasionalis (patriotik dan tidak berprasangka). Kemudian, perkembangan lima nilai inti tampak hebat berkembang dan beberapa nilai tampak melemah berkembang karena beberapa peristiwa yang mempengaruhi pengembangan nilai lima inti. Sehingga peran keluarga, guru dan masyarakat menjadi sangat penting dalam membimbing anak-anak mempelajari nilai-nilai moral yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karakterisasi, novel anak-anak, lima nilai dasar pendidikan karakter
Subjects: P Language and Literature > PS American literature
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Diah Gita Saraswati
Date Deposited: 18 Oct 2020 21:54
Last Modified: 18 Oct 2020 21:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4073

Actions (login required)

View Item View Item