Ardiyanti, Ni Made Dwika (2020) EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DENGAN MODEL EVALUASI CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP) DI SMAN KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011055-COVER.pdf Download (453kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011055-ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (646kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011055-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011055-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji proses pembelajaran matematika secara daring di SMAN Kota Singaraja, diukur dari variabel konteks, input, proses dan produk. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi evaluasi. Sampel dalam penelitian ini adalah guru matematika kelas X yang berjumlah 5 orang dan siswa kelas X di SMAN 2 Singaraja dan SMAN 4 Singaraja yang berjumlah 194 orang. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa kuesioner sebagai instrumen utama, wawancara dan data studi dokumentasi sebagai instrument pendukung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan memakai rumus z-skor yang kemudian di ubah ke dalam t-skor, setelah itu dikonversikan ke dalam kuadran prototype teori Glickman. Setelah dianalisis data dari siswa memberikan hasil bahwa komponen konteks bernilai +, input -, proses -, dan produk -. Berdasarkan prototype Glickman, proses pembelajaran matematika secara daring bagi siswa di SMAN Kota Singaraja berada di kuadran III yang tergolong kurang efektif karena dari hasil penelitian siswa kurang paham terhadap materi yang di jelaskan oleh gur dan dan koneksi internet menyebabkan pembelajaran terganggu. Sedangkan, data dari guru memberikan hasil bahwa komponen konteks bernilai +, input +, konteks – dan input +. Berdasarkan prototype Glickman, proses pembelajaran matematika secara daring bagi guru di SMAN Kota Singaraja berada di kuadran II yang tergolong efektif karena koneksi internet tidak menyebabkan proses pembelajaran terganggu dan guru mampu menyelesaikan materi pembelajaran secara daring. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan proses pembelajaran matematika secara daring di SMAN Kota Singaraja bagi siswa tergolong kurang efektif dan bagi guru tergolong efektif ditinjau dari segi variabel konteks, input, proses dan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daring, Efektivitas, Evaluasi, Model CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | NI MADE DWIKA ARDIYANTI |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 02:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 02:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4113 |
Actions (login required)
View Item |