Pratiwi, Ni Putu Asistia (2020) PENGEMBANGAN AUGMENTED REALITY BOOK BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011028-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011028-ABSTRAK.pdf Download (86kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011028-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh Augmented Reality Book (AR-Book) berbasis android pada materi bangun ruang sisi datar SMP kelas 8. Media ini berupa seperangkat AR-Book dan aplikasi AR berbasis android. Media AR ini dinamai “BASTAR” diperoleh dari akronim “Bangun ruAng Sisi daTar dengan Augmented reality berbasis andRoid” dan juga berdasarkan makna leksikalnya yang bermakna pencampuran. Pencampuran merupakan dasar dikembangkannya media yang berbentuk konvensional dan pemanfaatan teknologi. Tujuan dari media ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik minat belajar dan dapat membantu siswa dalam visualisasi ruang. Media ini menggunakan marker based tracker, dimana marker terletak pada AR-Book dan aplikasi AR untuk memindainya sehingga tampil animasi 3D. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan model 4-D namun hanya sampai pada tahap ketiga. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Penilaian media dinilai oleh dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah terkategori sangat baik dengan skor penilaian media 71,5 dan penilaian materi 52. Penelitian ini memiliki kekurangan tidak dilakukannya uji kelayakan media karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Sebagai gantinya maka dilaksanakan uji penilaian ahli untuk memperoleh rekomendasi ahli dan uji coba terbatas dengan enam siswa SMP kelas 8 yang menunjukkan penerimaan pengguna. Berdasarkan pengamatan selama siswa menggunakan media menunjukkan respon positif. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa seperangkat media “BASTAR” direkomendasikan ahli untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality Book, marker, Android |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Asistia Pratiwi |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 02:23 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 02:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4114 |
Actions (login required)
View Item |