Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA Kelas X

Arsitawati, Ni Kadek Shinta Devi (2020) Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011042-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011042-ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1613011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (504kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1613011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1613011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1613011042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011042-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media komik matematika berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa SMA Kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Media komik ini dikembangkan berdasarkan pokok bahasan trigonometri. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X. Pengembangan media komik matematika ini mengunakan sebagian dari model four-D (4D), yaitu: (1) pendefinisian (define); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (development); dan (4) penyebaran (disseminate). Proses menggambar/sketsa dilakukan pada buku sketsa berukuran kertas A4. Komik dibuat dalam beberapa tahap mulai dari pembuatan sketsa secara manual, proses penebalan menggunakan tinta, kemudan hasil tersebut diolah dengan scanning. Media komik berbasis pendidikan karakter ini telah dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan karakteristik siswa. Validitas media komik matematika ini didasarkan atas pendapat validator. Pada instrumen validasi, ahli materi dan ahli media menggunakan skala 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik dinyatakan valid dengan rata-rata total yang didapatkan yaitu 3,5. Hasil rata-rata total tersebut masuk dalam interval X ≥ 3.00 dengan nilai A. Maka, media komik matematika berbasis pendidikan karakter ini dinyatakan valid dan sudah layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media belajar, minat belajar siswa, komik matematika, pendidikan karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Shinta Devi Arsitawati
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:15
Last Modified: 20 Oct 2020 02:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

View Item View Item