Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Berbasis Pendekatan STEM Pada Materi Sistem Respirasi Dengan Berbantuan Edmodo Untuk Kelas XI MIPA Di SMA Negeri Bali Mandara

Dwipayanti, Kadek (2020) Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Berbasis Pendekatan STEM Pada Materi Sistem Respirasi Dengan Berbantuan Edmodo Untuk Kelas XI MIPA Di SMA Negeri Bali Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Biologi.

[img] Text (COVER)
1613041055-COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041055-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041055-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) pada materi sistem respirasi dengan bantuan e- learning edmodo sebagai pengiriman bahan ajar dan menguji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dari UKBM yang dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan soal materi sistem respirasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan UKBM berbasis pendekatan STEM dari ahli media mendapatkan presentase skor sebesar 90,6% dengan kriteria sangat layak dan dari ahli materi mendapatkan presentase skor sebesar 80,9% dengan kriteria layak, (2) kepraktisan UKBM berbasis pendekatan STEM mendapatkan presentase sebesar 89,8% dengan kriteria sangat praktis, (3) keefektifan UKBM berbasis pendekatan STEM mendapatkan presentase sebesar 77,78% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, UKBM berbasis pendekatan STEM materi sistem respirasi dapat digunakan sebagai alternatif baru dalam bahan ajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), pendekatan STEM, materi sistem respirasi, model ADDIE
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Kadek Intan Dwipayanti
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:07
Last Modified: 20 Oct 2020 04:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4146

Actions (login required)

View Item View Item