Kumaratungga, Made Cendika Dwi (2020) THE REPRESENTATION OF CLASS STRUGGLES IN SUSANNE COLLINS' THE HUNGER GAMES (2008) FROM MARXIST PERSPECTIVE. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021160-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021160-ABSTRAK.pdf Download (262kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021160- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021160-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGY PENELITIAN)
1612021160- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021160-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (786kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021160-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021160-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021160-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kurangnya nilai nilai keadilan sosial yang disisipkan ke dalam buku bahasa inggris disekolah merupakan salah satu factor dari kurangnya rasa social yang dimiliki siswa sehingga memicu banyak masalah social yang mana nilai nilai social ini dapat ditemui dengan pengaplikasian novel The Hunger Games (2008) sebagai media untuk menumbuh kembangkan nilai nilai social siswa dan menggaburkan masalah social yang ada. Model penelitian ini merupakan penelitian interpretasi kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan isu perbedaan kelas yang muncul dan perjuangan kelas yang di representasikan oleh Katniss Everdeen dan Peeta Melark dalam novel The Hunger Games (2008). Data dikumpulkan dengan cara mebaca novel dengan intensif, sumber- sumber terkait di internet dan pengambilan catatan. Untuk menjawab dua permasalahan dalam penelitian, analisis dalam penelitian ini melibatkan element-elemnet dalam novel seperti tema, plot, setting, sudut pandang, dan karakterisasi, mengadopsi konsep Marxist, discrimination, explotation, resistance dan mimikri. Hasil dari analisis mengidentifikasi dua isu sosial yang muncul di novel The Hunger Games (2008) yaitu diskriminasi dalam bentuk ketidaksetaraan perlakuan, perbedaan gaya hidup dan akibat dari perayaan hunger games dan eksploitasi dalam bentuk eksploitasi pekerja dan anak-anak yang mana kedua isu ini terjadi inter kelas dan intra-kelas. Penindasan dan ketidaksetaraan soial ini mendorong Katniss dan Peeta untuk melakukan usaha usaha perlawanan terhadap kelas dominasi melalui perlawanan aktif dan mimicry yang terjadi inter-kelas melawan Capitol dan intra-kelas melawan Carrier. Perlawanan antar kelas di dominasi oleh perlawanan mimikri, sedangkan perlawanan sesame kelas didominasi oleh perlawanan langsung. Dari perjuangan kelas yang dilakukan oleh pemeran utama dalam novel ini, analisis penelitian menemukan bahwa perlawanan yang masih kuat adalah m masih dalam tahap perlawanan pribadi bukan dari perlawanan yang di bentuk oleh sebuah kelas yang bersatu. Usaha perlawanan yang dilakukan karakter utama sudah mampu mendobrak dominasi dari peserta karier dan mengubah system pemenang dalam hunger games, namun belum bisa mengubah system pemerintahan di Panem menjadi pemerintahan anti capitalist, belum bisa membebaskan seluruh distrik dari bentuk penindasan dan belum mamu menghapuskan system hunger games. Kata Kunci: Marxist, Perbedaan Kelas, Perjuangan Kelas, The Hunger Games (2008)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Marxist, Perbedaan Kelas, Perjuangan Kelas, The Hunger Games (2008) |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PS American literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Made Cendika Dwi Kumaratungga |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 14:08 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 14:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4149 |
Actions (login required)
View Item |