Wiratnyana, I Made (2020) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829031017-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829031017-ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829031017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (557kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829031017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829031017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829031017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829031017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (462kB) |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829031017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
1829031017-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksaaan program penguatan pendidikan karakter dilihat dari variabel konteks, input, proses dan produk di SMP Negeri 1 Tabanan. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis peran masing-masing variabel sesuai dengan model CIPP (konteks, input, proses dan produk). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 70 orang terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala urusan, tata usaha, komite sekolah, guru, orang tua siswa, serta perwakilan siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas program skor mentah ditransformasikan ke dalam skor 100 kemudian diklasifikasikan ke dalam lima kategori, yaitu: sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Hasil analisis ditemukan bahwa (1) komponen konteks (context) mendukung pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dengan kategori efektivitas sangat baik dengan rata-rata capaian sebesar 88,832, (2) komponen masukan (input) mendukung pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dengan kategori efektivitas sangat baik dengan rata-rata capaian sebesar 86,180, (3) komponen proses (process) mendukung pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dengan kategori efektivitas sangat baik dengan rata-rata capaian sebesar 85,053, dan (4) pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Tabanan telah mengahasilkan komponen produk (product) dengan kategori sangat efektif dengan rata-rata capaian sebesar 84,081. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMP Negeri 1 Tabanan memiliki kategori efektivitas sangat baik dilihat dari variabel konteks, input, proses dan produk. Dengan demikian program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Tabanan perlu dilanjutkan dengan beberapa inovasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Penguatan Pendidikan Karakter, model CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Made Wiratnyana |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 07:14 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 07:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4165 |
Actions (login required)
View Item |