Maharani, Luh De Winda (2020) PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH BERORIENTASI MASALAH MATEMATIKA TERBUKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 2 SERIRIT TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613011083-COVER.pdf Download (539kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613011083-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011083-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011083-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613011083-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan pemecahan masalah berorientasi masalah Matematika terbuka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kurt Lewin dengan 4 komponen pokok yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan secara luring sebanyak dua kali pertemuan tatap muka di kelas dan dilanjutkan secara daring sebanyak 10 kali pertemuan melalui aplikasi obrolan grup WhatsApp dikarenakan kondisi pencegahan penyebaran Covid-19. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Seririt tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dilakukan menggunakan tes dalam bentuk uraian yang dikerjakan secara mandiri oleh siswa melalui aplikasi Google Drive secara serentak dengan pembatasan waktu pengerjaan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa siklus I yaitu 43,10 pada kategori cukup, siklus II yaitu 55,74 pada kategori cukup, dan siklus III yaitu 68,67 pada kategori baik dengan ketuntasan klasikal siswa pada siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 13,79%, 41,38%, 75,86%, (2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan berada pada kategori positif. Pada siklus I dan II kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tergolong rendah dikarena siswa masih kesulitan dalam memahami dan memecahkan masalah, belum terbiasa dengan pemberian masalah terbuka, serta siswa kurang aktif selama proses pembelajaran. Teratasinya kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran melalui refleksi setiap siklusnya menyebabkan pembelajaran yang diterapkan dapat berjalan lancar dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Disarankan bagi guru yang mengalami permasalahan terkait rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dapat menerapkan pendekatan pemecahan masalah berorientasi masalah Matematika terbuka sebagai salah satu alternatif. Disarankan juga bagi pembaca yang tertarik melakukan penelitian lanjut agar memperhatikan kendala-kendala yang dialami selama pelaksanaan penelitian sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan dan optimalisasi pelaksanaan penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatakan pemecahan masalah berorientasi masalah matematika terbuka, berpikir tingkat tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | LUH DE WINDA MAHARANI |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 01:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4182 |
Actions (login required)
View Item |