Kusuma, I Gede Pasek Budi Wira (2019) The Effect of Flipped Learning on Reading Comprehension of the Eleventh Grade Students of SMAN 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021205-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021205-ABSTRAK.pdf Download (43kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021205-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021205-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021205-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021205-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021205-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021205-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021205-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki pengaruh Flipped Learning (FL) pada pemahaman membaca siswa kelas sebelas di SMAN 1 Singaraja. Studi tentang FL saat ini dalam sebagian besar literatur berurusan dengan mahasiswa universitas. Namun, FL sangat penting untuk dilihat pengaruhnya pada tingkat sekolah menengah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain posttest-only control group design. Populasinya adalah siswa kelas XI SMA N 1 Singaraja. Cluster random sampling digunakan untuk memilih sampel. Sampel penelitian ini adalah siswa XI MIA 8 sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan FL dan siswa XI MIA 9 sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional. Setiap kelas terdiri dari 34 siswa. Post-test diberikan pada kelompok eksperimen dan kontrol, dan skor dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 23.0. Analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol di mana rata-rata kelompok eksperimen 87,85 sedangkan rata-rata kelompok kontrol adalah 79,00. Analisis statistik inferensial melalui t-test juga menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000 dimana kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan FL pada pemahaman membaca siswa kelas sebelas di SMA N 1 Singaraja dan efeknya diklasifikasikan ke dalam large effect karena nilai dari size effect adalah 1,48 (d > 0,80). Disarankan bahwa konsep FL dapat diterapkan oleh guru untuk menciptakan suasana belajar modern yang melibatkan teknologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Experimen, Flipped Learning, Pemahaman Membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gede Pasek Budi Wira Kusuma |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 01:49 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 01:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/420 |
Actions (login required)
View Item |