Pengembangan Soal Matematika HOTS untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA Negeri 1 Blahbatuh

Satya, I Putu Aditya Widharma (2020) Pengembangan Soal Matematika HOTS untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA Negeri 1 Blahbatuh. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011020-COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011020-ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (529kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011020-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen pengukur kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, dan untuk mengetahui kategori kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal uraian dan pilihan ganda tipe HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah meliputi: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan rancangan produk, uji coba terbatas ( kelompok kecil dan kelompok besar). Uji coba instrumen dilakukan di SMAN 1 Blahbatuh. Jumlah keseluruhan subjek uji coba adalah 36 siswa. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh melalui tes dalam bentuk uraian dan pilihan ganda. Instrumen tes terdiri dari 5 butir soal uraian dan 10 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa instrumen soal uraian dan pilihan ganda dinyatakan valid, instrumen soal uraian dan pilihan ganda dinyatakan reliabel dengan kategori sedang dengan nilai 0,56 dan 0,52 dan untuk daya beda diketahui soal tipe uraian sebagian besar terkategori cukup dengan indeks daya beda antara 0,33 – 0,39, untuk soal tipe pilihan ganda terkategori sangat baik dengan indeks daya beda antara 0,4 – 0,7, dalam taraf kesukaran butir soal diketahui soal tipe uraian terkategori soal sukar dan sedang, untuk soal tipe pilihan ganda terkategori soal sedang. Hasil uji coba instrumen menunjukan bahwa soal yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dilihat dari hasil yang diperoleh dapat mengkategorikan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Untuk soal tipe uraian, kategori kemampuan berpikir kreatif siswa tergolong sedang dengan persentase jumlah siswa sebesar 63,90% dan untuk soal pilihan ganda, kategori kemampuan berpikir kreatif siswa tergolong rendah dengan persentase jumlah siswa sebesar 47,22%. Ketercapaian siswa dalam tes kemampuan berpikir kreatif dilihat dari masing-masing indikator berpikir kreatif yaitu : Originality terkategori cukup dengan persentase kemampuan siswa sebesar 46,10%, Fluency terkategori cukup dengan persentase kemampuan siswa sebesar 44,36%, Flexibility terkategori kurang dengan persentase kemampuan siswa sebesar 23,47%, dan Elaboration terkategori cukup dengan persentase kemampuan siswa sebesar 45,28%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, HOTS, kemampuan berpikir kreatif matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Putu Aditya Widharma Satya
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:52
Last Modified: 21 Oct 2020 02:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4211

Actions (login required)

View Item View Item