PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Putri, Devi Ayu Vedani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MIND MAP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021016-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021016-ABSTRAK.pdf

Download (796kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021016-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa kelas X MIPA SMAN 2 Kuta yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan mind map (GI-MM), model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI), dan model pembelajaran direct instruction (DI). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian oneway non-equivalent pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIPA di SMAN 2 Kuta berjumlah 222 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik random assignment, diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen pertama berjumlah 28 orang, X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen kedua berjumlah 34 orang, dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 orang. Data hasil keterampilan berpikir kritis siswa dikumpulkan menggunakan instrumen berupa tes esai. Data gain score ternormalisasi hasil keterampilan berpikir kritis siswa dianalisis menggunakan statistik analisis varian satu jalur (ANAVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran GI-MM, model pembelajaran GI, dan model pembelajaran DI (F = 29,613; p ˂ 0,05). Hasil tindak lanjut uji t-Scheffe menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran GI-MM lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran DI (I-J = 0,09412; p ˂ 0,05), keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran GI-MM lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran GI (I-J = 0,21071; p ˂ 0,05), dan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran GI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran DI (I-J = 0,11660; p ˂ 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation berbantuan mind map berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika dan model pembelajaran group investigation berbantuan mind map memberikan hasil yang lebih baik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Kuta Tahun Pelajaran 2018/2019 dibandingkan dengan model pembelajaran group investigation dan model pembelajaran direct instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran group investigation berbantuan mind map, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Devi Ayu Vedani Putri
Date Deposited: 25 Oct 2019 00:43
Last Modified: 25 Oct 2019 00:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item