PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI KONSTRUKTIVISME SOSIOKULTURAL TERHADAP CURIOSITY DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS R.A.KARTINI DENPASAR BARAT

Amrita Widiasih, Ni Putu (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI KONSTRUKTIVISME SOSIOKULTURAL TERHADAP CURIOSITY DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS R.A.KARTINI DENPASAR BARAT. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041028-COVER.pdf

Download (882kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041028-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041028-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Widiasih, Ni Putu Amrita (2020), Pengaruh Model Discovery Learning Berorientasi Konstruktivisme Sosiokultural terhadap Curiosity dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si dan Pembimbing II: Prof. Dr. Nyoman Dantes Kata-kata kunci: curiosity, hasil belajar IPA, model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV (empat) SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat tahun ajaran 2019/2020 yang terletak di Kecamatan Denpasar Barat sejumlah 378 orang siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Adapun sampel pada penelitian ini yakni kelompok eksperimen adalah SD Negeri 19 Pemecutan kelas C, sedangkan kelompok kontrol adalah SD Negeri 19 Pemecutan kelas A. Data curiosity siswa dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan SPSS 16.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity siswa kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural secara simultan terhadap curiosity dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Gugus R.A.Kartini Denpasar Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: curiosity, hasil belajar IPA, model Discovery Learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Putu Amrita Widiasih
Date Deposited: 23 Oct 2020 00:26
Last Modified: 23 Oct 2020 00:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4296

Actions (login required)

View Item View Item