DARMAYANTI, LUH EKA (2020) PENGEMBANGAN TES HASIL BELAJAR IPS DAN KUESIONER MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1829041019-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829041019-ABSTRAK.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
18290421019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (282kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
18290421019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
18290421019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
18290421019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
18290421019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
18290421019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18290421019-LAMPIRAN.pdf Download (697kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes hasil belajar IPS dan kuesioner motivasi belajar siswa kelas IV SD yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) terdiri dari empat tahapan yaitu pendefinisian, perencanaan, pengembangan dan penyebarluasan. Subyek penelitian ini adalah tiga guru kelas IV SD dan dua dosen. Data yang dikumpulkan adalah validitas tes hasil belajar IPS, validitas kuesioner motivasi belajar kelas IV SD, reliabilitas tes hasil belajar IPS dan reliabilitas kuesioner motivasi belajar kelas IV SD. Validitas tes hasil belajar IPS dan motivasi belajar kelas IV SD dianalisis menggunakan rumus CVR dan CVI, Reliabilitas tes hasil belajar IPS dianalisis menggunakan rumus KR 20 sedangkan reliabilitas motivasi belajar kelas IV SD menggunakan rumus alfa cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, validitas tes hasil belajar IPS memiliki validity index sebesar 0,60 yang berarti memiliki kriteria validitas tinggi. Kedua, validitas kuesioner motivasi belajar juga memiliki validity index sebesar 0,60 yang berarti memiliki kriteria validitas tinggi. Ketiga, reliabilitas tes hasil belajar IPS memiliki reliabel sebesar 0,85 yang berarti memiliki kriteria reliabilitas sangat tinggi. Keempat, reliabilitas kuesioner motivasi belajar memiliki reliabel sebesar 0,65 yang berarti memiliki kriteria reliabilitas tinggi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS , Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Luh Eka Darmayanti |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 14:50 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 14:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4374 |
Actions (login required)
View Item |