STUDENTS' READING COMPETENCY ON HIGHER ORDER ITEMS IN A JUNIOR HIGH SCHOOL

Riadi, I Kadek Sutra (2020) STUDENTS' READING COMPETENCY ON HIGHER ORDER ITEMS IN A JUNIOR HIGH SCHOOL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081034-COVER2.pdf

Download (285kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081034-ABSTRAK .pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081034-BAB 1 PENDAHULUAN .pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081034-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi membaca bukan hanya kemampuan untuk mengerti makna kata, namun juga kemampuan untuk memahami isi dan mencari informasi dari bacaan. Kemampuan menganalisa, mensintesis, dan mengevaluasi sebuah teks merupakan proses mental yang penting dalam membaca kritis. Pada penelitian ini, membaca kritis didefinisikan sebagai pemahaman membaca pada butir soal tingkat tinggi yang difokuskan pada empat indikator kompetensi membaca, yaitu ide pokok, informasi spesifik, acuan kata, dan makna kata/frasa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan kompetensi membaca siswa dalam menjawab butir soal tingkat tinggi pada tingkat kelas, jenis teks, indikator membaca dan bertujuan untuk menemukan perbedaan kompetensi membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan fokus kepada siswa-siswi kelas 7 di Kabupaten Tabanan. Sampling acak secara kluster digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Populasi penelitian ini berjumlah 238 siswa kelas 7 di SMP N 1 Penebel, Tabanan, Tahun Pelajaran 2019/2020. Empat kelas berjumlah 136 siswa sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Tes Kompetensi Membaca. Data dianalisis secara kuantitatif dan diinterpretasikan secara deskriptif. Hasil analisis data pertama menunjukkan bahwa tingkat kompetensi membaca siswa dikategorikan rendah pada jenis teks deskriptif dan recount dimana hasil tertinggi ditemukan pada jenis teks deskriptif dan pada butir soal ide pokok. Analisis data kedua menggunakan ‘ one way ANOVA’ dengan nilai signifikansi = 0.054 menunjukkan tidak adanya perbedaan secara signifikan kompetensi siswa pada butir soal tingkat tinggi. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi terhadap guru bahasa Inggris dan siswa untuk mengimplementasikan strategi membaca yang efektif dalam pembelajaran membaca kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi membaca, membaca kritis, butir soal tingkat tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Kadek Sutra Riadi
Date Deposited: 23 Oct 2020 05:17
Last Modified: 23 Oct 2020 05:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4389

Actions (login required)

View Item View Item