PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONVERSI SATUAN BERAT BERBASIS SERIOUS GAME UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Mujahidain, Damurrosysyi (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONVERSI SATUAN BERAT BERBASIS SERIOUS GAME UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011092-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011092-ABSTRAK.pdf

Download (546kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011092-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (677kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011092-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011092-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1613011092-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011092-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011092-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011092-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah memperoleh media pembelajaran berupa Serious Game. “Captain Math” merupakan judul dari Serious Game yang dikembangkan. Captain Math berperan sebagai media pembelajaran pada materi konversi satuan berat untuk siswa kelas IV SD. Prosedur pengembangan serious game ini menerapkan langkah-langkah dari 4D model yaitu tahap define, design, dan development. Serious Game yang dikembangkan terdiri atas tiga level permainan dan tingkat kesulitannya berbeda-beda. Uji coba produk dilakukan pada 5 siswa kelas IV dari Sekolah Dasar yang berbeda-beda. Hasil uji coba validitas dan kepraktisan media yang kami peroleh berturut-turut yaitu skor dari ahli materi 28 dengan kriteria valid dan skor dari ahli media pembelajaran 26 dengan kriteria valid serta skor kepraktisan sebesar 4,69 dengan kriteria layak. Dari hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa Serious Game: Captain Math memenuhi kriteria sebagai media pembelajaran yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: serious game, konversi satuan berat, sekolah dasar.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: DAMURROSYSYI MUJAHIDAIN
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:09
Last Modified: 26 Oct 2020 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4399

Actions (login required)

View Item View Item