PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DAN LOCUS OF CONTROL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Destriantini, Ni Wayan (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DAN LOCUS OF CONTROL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829041041-COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829041041-ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829041041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (384kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829041041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829041041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829041041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829041041-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829041041-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829041041-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Destriantini, N.W (2020), Pengembangan Instrumen Keterampilan Proses Sains Tema Lingkungan Sahabat Kita dan Locus Of Control Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Dr. I Made Gunamantha, ST.,MM. Kata-kata kunci: pengembangan instrumen, keterampilan proses sains, locus of control Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh: 1) instrumen keterampilan proses sains dan locus of control yang valid; 2) instrumen keterampilan proses sains dan locus of control yang reliabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (four D) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Data dianalisis menggunakan CVR dan Alpha Cronbach. Validitas diukur menggunakan uji expert sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen expert dan 3 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Untuk instrumen keterampilan proses sains, berdasarkan uji expert terdapat 22 soal yang dinyatakan valid dengan 0,60 ≤ vy ≤ 1,00 dan 3 soal dinyatakan tidak valid dari 25 soal yang diuji. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,71 berada pada kategori tinggi; 2) Untuk instrumen locus of control, berdasarkan uji expert terdapat 43 soal yang valid dengan 0,60 ≤ vy ≤ 1,00 dan 7 soal dinyatakan tidak valid dari 50 soal yang diuji. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,70 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrumen keterampilan proses sains dan locus of control yang valid dan reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan instrumen, keterampilan proses sains, locus of control
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Wayan Destriantini
Date Deposited: 23 Oct 2020 13:39
Last Modified: 23 Oct 2020 13:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item View Item