Asri, Ni Made Intan (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Kelompok B TK Widya Kumara Tirta Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061061-COVER.pdf Download (720kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061061-ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061061-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061061-DAFTAR PUSTAKA.doc.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061061-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk merancang suatu media pembelajaran puzzle angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan terhadap siswa kelompok B di TK Widya Kumara Tirta dan untuk dapat mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media pembelajaran puzzle angka dari ahli desain media pembelajaran, ahli materi dan mendapat respon penggunaan produk dari guru kelompok B. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli desain media pembelajaran sebagai validator. Subyek dalam penelitian ini adalah guru kelompok B di TK Widya Kumara Tirta. Hasil uji coba terhadap validator ahli materi dengan persentase skor 73,00% yang termasuk dalam kategori baik dengan keterangan layak. Validator ahli desain media pembelajaran dengan persentase skor 92,50% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Respon penggunaan produk dari lima orang guru kelompok B dengan persentase 90,80% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran puzzle angka yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK sebagai media pembelajaran. Dengan tujuan mempermudah belajar siswa dalam mengenal lambang bilangan dan membantu guru dalam mempermudah penyampaian materi pembelajaran mengenal lambang bilangan dengan berbantuan media pembelajaran puzzle angka. Kata Kunci: Media pembelajaran, puzzle angka, mengenal lambang bilangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Puzzle Angka, Lambang Bilangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Made Intan Asri Devi |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 10:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 10:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4423 |
Actions (login required)
View Item |