Dharwisesa, Made Wruh (2020) Dampak Dari Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sd Kelas Iv Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1311031370-COVER.pdf Download (580kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1311031370-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1311031370-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1311031370-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1311031370-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1311031370-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1311031370-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1311031370-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1311031370-LAMPIRAN.pdf Download (523kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TTW berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV semester genap SD di Gugus III Kecamatan Gerokgak. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan rancangan nonequivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Gerokgak, yang berjumlah 5 kelas dengan siswa 131 orang.Sampel penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 1 Patas dengan jumlah siswa 44 orang dan kelas IV SD Negeri 3 Patas dengan jumlah siswa 42 orang, yang ditentukan dengan teknik simplerandom sampling. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes menulis. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap, yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaranTTW berbantuan media gambar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, dengan nilai thitung sebesar 35,71 dan ttabsebesar 2,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran TTW berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Gerokgak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TTW, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Wruh Dharwisesa |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 00:46 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 00:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4521 |
Actions (login required)
View Item |