Pradnyana, I Made Sukma (2019) Pengembangan Soal Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011047-COVER.pdf Download (810kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011047-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011047-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kualitas soal OSN bidang matematika yang baik untuk pengkategorian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Soal yang dikembangkan terdiri dari 10 butir soal uraian untuk mengukur keterampilan menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5). Model pengembangan yang digunakan adalah formative research. Hasil uji coba lapangan (tahap field test) menunjukan bahwa: (1) konsistensi internal untuk soal ini menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dengan koefisien korelasi berkisar antara 0,542 hingga 0,797 yang berarti keseluruhan butir telah valid, (2) koefisien reliabilitas tes yang diperoleh adalah 0,648 termasuk kategori sangat tinggi, (3) indeks daya beda hitung adalah 0,723 dengan kriteria sangat baik, (4) taraf kesukaran butir tes yang diperoleh adalah 1 soal tergolong kategori sedang dan 4 soal tergolong kategori sukar, (5) pengkategorian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 4 Singaraja yaitu 5% siswa berkategori sangat tinggi, 7,5% siswa berkategori tinggi, 7,5% siswa berkategori cukup, 65% siswa berkategori rendah, dan 5% siswa berkategori sangat rendah; pengkategorian kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMPN 5 Singaraja yaitu 0% siswa berkategori sangat tinggi, 0% siswa berkategori tinggi, 5% siswa berkategori cukup, 42,5% siswa berkategori rendah, dan 52,5% siswa berkategori sangat rendah; sedangkan siswa SMPN 1 Banjar yaitu 2,5% siswa berkategori sangat tinggi, 0% siswa berkategori tinggi, 2,5% siswa berkategori cukup, 72,5% siswa berkategori rendah, dan 22,5% siswa berkategori sangat rendah, (6) peluang siswa menjawab benar menggunakan Partial Credit Model (PCM) dengan estimasi abilitas 0,5 diperoleh untuk soal tipe menganalisis dan mengevaluasi, nilai peluang siswa menjawab benar berkisar antara 0,065 sampai 0,271.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | OSN, pemecahan masalah matematika, formative research. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Matematika (S1) |
Depositing User: | I Made Sukma Pradnyana |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 00:56 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 00:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/455 |
Actions (login required)
View Item |