PARENTAL INVOLVEMENT IN AN INCLUSIVE PRIMARY SCHOOL’S EFL CLASS: A CASE STUDY IN SD TUNAS DAUD DENPASAR

Lestari, I Dewa Ayu Made Mutiara (2020) PARENTAL INVOLVEMENT IN AN INCLUSIVE PRIMARY SCHOOL’S EFL CLASS: A CASE STUDY IN SD TUNAS DAUD DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081018-COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081018-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081018-LAMPIRAN.pdf

Download (487kB)

Abstract

Keterlibatan orang tua sangat penting untuk pendidikan siswa di sekolah. Penelitian tentang topik ini telah dilakukan, namun yang berfokus pada keterlibatan orang tua siswa ABK yang termasuk di sekolah biasa masih jarang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam kelas EFL di sekolah dasar inklusif, untuk mengidentifikasi jenis keterlibatan orang tua yang diterapkan, jenis program yang melibatkan orang tua, tantangan yang dihadapi guru dalam melibatkan orang tua serta persamaan dan perbedaan antara Keterlibatan orang tua dari orang tua siswa reguler dan orang tua siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusif ini. Penelitian ini dilakukan di sekolah Tunas Daud yang beralamat di Jalan Kebo Iwa No. 8 Padang Sambian Kaja, Denpasar Barat. Subjek penelitian ini adalah 28 orang tua siswa kelas 2-5 yang terdiri dari 14 orang tua siswa reguler dan 14 orang tua siswa ABK dan 4 orang guru. Selain itu, data sekunder dikumpulkan dari arsip sekolah, akun media sosial sekolah, dan arsip pribadi guru. Mengadaptasi model analisis data kualitatif interaktif dari Miles dan Huberman (1994), pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan studi arsip, dimana peneliti menjadi instrumen utama dengan bantuan alat perekam dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) enam jenis keterlibatan orang tua yang diterapkan di sekolah dasar inklusif; 2) tujuh program yang melibatkan orang tua di sekolah inklusif; 3) lima tantangan utama yang dihadapi guru dalam melibatkan orang tua di sekolah inklusif; dan 4) tidak ada perbedaan antara keterlibatan orang tua siswa berkebutuhan khusus dan reguler.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: sekolah inklusi, keterlibatan orangtua, kelas EFL, siswa berkebutuhan khusus
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Dewa Ayu Made Mutiara Lestari
Date Deposited: 28 Oct 2020 03:15
Last Modified: 28 Oct 2020 03:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4635

Actions (login required)

View Item View Item