Pramana, Made Wisnu Adi (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA LAB UNDIKSHA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611021010-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611021010-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1611021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611021010-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-Modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran Biologi kelas X, dan (2) mendeskripsikan hasil validitas E-Modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran Biologi kelas X. Subjek penelitian yaitu 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 6 siswa untuk uji kelompok kecil. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu (1) tahapan pengembangan E-modul berbasis berbasis problem based learning pada mata pelajaran Biologi kelas X dengan menggunakan model ADDIE, meliputi lima tahapan yaitu (a) analisis (analysis), (b) desain (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), (e) evaluasi (evaluation); (2) hasil validasi yaitu (a) hasil validasi mata pelajaran 90,6% (sangat baik), (b) hasil validasi desain pembelajaran 97,1% (sangat baik), (c) ahli media pembelajaran 92,5% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan 95% (sangat baik), dan (e) uji coba kelompok kecil 95% (sangat baik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, E-modul, problem based learning |
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Made Wisnu Adi Pramana |
Date Deposited: | 01 Nov 2020 22:32 |
Last Modified: | 01 Nov 2020 22:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4678 |
Actions (login required)
View Item |