Arta Jaya, I Made Restu (2020) PENGEMBANGAN FILM ANIMASI 2 DIMENSI SEJARAH PERANG JAGARAGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515051026-COVER.pdf Download (809kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051026-ABSTRAK.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1515051026-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051026-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Perang Jagaraga menjadi sejarah Indonesia yang memilukan khususnya bagi warga Buleleng. Untuk mengenang dan menghargai perjuangan para pahlawan serta memberikan gambaran lebih jelas tentang peristiwa sejarah tersebut, pemerintah Kabupaten Buleleng mendirikan Museum Soenda Ketjil yang berlokasi di Pelabuhan Buleleng. Semenjak awal pembangunan Museum Soenda Ketjil hingga sekarang museum tersebut belum pernah tersentuh oleh teknologi, fasilitas yang disediakan berupa gedung studio visual tidak dapat digunakan secara maksimal karena kurangnya media yang bisa ditampilkan di studio tersebut. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk membantu mengemas peristiwa sejarah dan memberikan gambaran visualiasi yang lebih menarik sehingga dapat tonton oleh masyarakat di Museum Soenda Ketjil. Film animasi 2D ini memiliki alur cerita yang dibuat sama persis dengan kejadian yang terjadi pada masa penjajah belanda di Buleleng khuhsnya di Desa Jagaraga. Pengembangan film animasi 2D menggunakan model MDLC. Yang terdiri dari enam tahap yaitu Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan Bahan (Material Collecting), Pembuatan (Assembly), Pengujian (Testing) dan Distribusi (Distribution), Dengan menggunakan model ini dapat menghasilkan produk media film animasi 2D yang baik. Beberapa pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media film animasi 2D, yang di anataranya ialah Uji ahli isi dengan hasil 100% sesuai, uji ahli media mendapatkan hasil representasi 85% sesuai dengan adanya revisi, uji respon siswa dengan hasil 92% dengan masuk kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Made Restu Arta Jaya |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 00:49 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 00:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4698 |
Actions (login required)
View Item |