Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Pendidikan Membentuk Karakter pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD N 7 Kampung Baru Tahun Ajaran 2019/2020

Angga, Pande Made Weda (2020) Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Pendidikan Membentuk Karakter pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD N 7 Kampung Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021023-COVER.pdf

Download (833kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021023-ABSTRAK.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021023-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan media E-komik pendidikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V, (2) mendeskripsikan hasil validitas pengembangan dari media E-komik pendidikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V. Subjek pada penelitian ini yaitu 2 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji perorangan, dan 6 siswa untuk uji kelompok kecil. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian yaitu kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian inni adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu (1) proses pengembangan E-komik Pendidikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). (2) hasil validasi E-komik pendidikan yaitu (a) hasil validasi ahli isi mata pelajaran 1,00 (sangat tinggi), (b) hasil validasi ahli desain pembelajaran 81,66% (baik), (c) hasil validasi ahli media pembelajaran 89% (baik), (d) hasil uji perorangan 94,86% (sangat baik), dan (e) hasil uji kelompok kecil 89,99% (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Komik Pendidikan, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: PANDE MADE WEDA ANGGA
Date Deposited: 01 Nov 2020 22:38
Last Modified: 01 Nov 2020 22:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4707

Actions (login required)

View Item View Item