AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF PROCESS APPROACH IN THE TEACHING OF WRITING IN UNDERGRADUATE EFL STUDENTS

SETYAWAN, I KADEK YOGI (2020) AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF PROCESS APPROACH IN THE TEACHING OF WRITING IN UNDERGRADUATE EFL STUDENTS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081024-COVER.pdf

Download (515kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081024-ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081024-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana pendekatan process diimplementasikan dalam mata kuliah Paragraph Writing, dimana masalah yang dihadapi oleh dosen selama penerapannya dan persepsi mahasiswa terhadap pendekatan ini juga akan dibahas dalam penelitian ini. Desain penelitian kualitatif digunakan untuk menyelidiki bagaimana penerapan pendekatan proses dalam kelas menulis untuk mahasiswa semester kedua di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Penelitian ini diambil dalam dua jenis pembelajaran yaitu pembelajaran tatap muka dan pembelajaran daring. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa di mata kuliah Paragraph Writing. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi terhadap persiapan dan instruksi dosen, serta kegiatan yang dilakukan mahasiswa. Selanjutnya, angket digunakan untuk mengumpulkan data lebih lanjut mengenai persepsi mahasiswa. Hasil dari observasi menunjukan bahwa penerapan pendekatan proses dalam pengajaran menulis khususnya mata kuliah Paragraph Writing dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah seperti prapenulisan, penyusunan, penyuntingan, revisi dan penerbitan. Dosen dalam persiapan penerapan pendekatan proses di dalam kelas telah melakukan 12 kegiatan dari 16 kriteria yang telah dirumuskan sebelumnya, sedangkan dalam kegiatan inti dosen telah menerapkan 28 dari 39 kriteria pendekatan proses. Sementara itu, siswa menerapkan 1 dari 3 kriteria di kegiatan awal dan 29 dari 44 kriteria dalam pendekatan proses. Selanjutnya, masalah yang dihadapi dosen terkait dengan konstribusi siswa, alokasi waktu dan pembelajaran daring secara penuh. Selain itu hasil dari penyebaran angket menunjukan bahwa siswa memiliki persepsi yang positif dimana siswa sepakat bahwa penerapan pendekatan proses bermanfaat, penting dan mampu meningkatkan keterampilan menulis mereka. Pendekatan proses dapat dipilih sebagai salah satu pendekatan menulis di dalam kelas. Ini didukung oleh persepsi positif siswa terhadap pendekatan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: aktifitas menulis, mata kulaih Paragraph Writing, pendekatan proses
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Kadek Yogi Setyawan
Date Deposited: 02 Nov 2020 23:37
Last Modified: 02 Nov 2020 23:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item View Item