PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS 5 SONGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Jaya, Putu Gede Giri Elma (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS 5 SONGAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031300-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031300-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031300-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031300-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031300-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031300-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031300-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031300-DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (85kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031300-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model problem based learning berorientasi Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV Gugus 5 Songan Tahun Ajaran 2019/2020 sebanyak 187 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan pengundian pada kelas yang setara. Hasil pengundian ditetapkan SD N 5 Songan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 30 orang siswa, dan SD N 6 Songan sebagai kelompok kontrol sebanyak 32 orang siswa. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan teknik tes bentuk pilihan ganda biasa, dan data dianalisis menggunakan teknik uji-t. Dari hasil analisis diperoleh siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana dengan rata-rata 83,06, dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata 65,07. Hasil uji t diperoleh t_hitung sebesar 6,688, sedangkan nilai t_tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 60 adalah sebesar 2,000. Ini berarti t_hitung > t_tabel (6,688 > 2,000). Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana dan yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus 5 Songan tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Problem Based Learning, Tri Hita Karana, Kompetensi IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Gede Giri Elma Jaya
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:46
Last Modified: 04 Nov 2020 06:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item View Item