Nariati, Made (2020) AN ANALYSIS OF THE IMPLEMENTATION OF CURRICULLUM 2013 IN SMP N 5 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1629081024-COVER.pdf Download (485kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1629081024-ABSTRAK.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1629081024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629081024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629081024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629081024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1629081024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1629081024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1629081024-LAMPIRAN.pdf Download (234kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis persepsi guru bahasa Inggris terhadap kurikulum bahasa Inggris 2013 dan implementasinya, (2) mengidentifikasi masalah guru dari aspek implementasi kurikulum bahasa Inggris 2013 pada aspek (a) RPP, (b) kegiatan belajar mengajar, (c) proses penilaian, dan (3) mengidentifikasi masalah guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris siswa kelas tujuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan didukung dengan wawancara. Data tentang persepsi guru terhadap kurikulum 2013 dianalisis pada aspek (a) penyusunan RPP, (b) proses pembelajaran dan (c) penilaian. Masalah yang dihadapi para guru juga dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap penerapan Kurikulum Bahasa Inggris 2013 termasuk dalam kategori tinggi: persepsi tentang penyusunan RPP tinggi (80%) yang menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris sudah kompeten dan maksimal dalam membuat RPP yang baik sesuai dengan Kurikulum 2013. Persepsi tentang proses belajar mengajar juga tinggi (75%). Semua proses belajar mengajar terdiri dari tiga tahap yaitu pendahuluan, kegiatan utama dan penutup. Setiap sesi mewakili beberapa sub-tema. Persepsi tentang proses penilaian juga tinggi (80%). Penerapan penilaian otentik dapat dipersepsikan dengan baik sehingga guru bahasa Inggris cukup kompeten dalam merencanakan, merancang, dan melaksanakan penilaian otentik. Masalah yang dihadapi adalah manajemen waktu yang merupakan masalah terbesar guru bahasa Inggris dalam melaksanakan penilaian otentik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013, Persepsi Guru, Perencanaan RPP, Kegiatan Belajar Mengajar dan Penilaian. |
Subjects: | P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Made Nariati |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 10:16 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 10:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4775 |
Actions (login required)
View Item |