Masyuni, Ni Putu Dewi (2019) Pengembangan Multimedia Berbasis Website Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1723071012-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1723071012-ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1723071012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1723071012-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa multimedia berbasis website sebagai media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. multimedia berbasis website ini dikembangkan dengan desain pengembangan 4-D. Desain Penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu 1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4) Dessiminate. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data uji validas produk berdasarkan instrumen validitas, data uji kepraktisan berdasarkan instrument uji kepraktisan, dan data uji efektifitas berdasarkan hasil posttest siswa. Hasil Penelitian ini menghasilkan produk multimedia berbasis website sebagai media pembelajaran. (1) Validitas ahli terhadap multimedia berbasis website sebagai media pembelajaran memperoleh hasil, ahli isi 0,9 dengan kategori sangat valid, ahli media 0,72 dikategorikan valid, dan ahli desain 0,84 dikategorikan sangat valid. (2) kepraktisan multimedia berbasis website ditinjau dari 3 hal yaitu : keterbacaan dengan skor 4,42 dengan kategori sangat praktis, respon guru skor 4,55 kategori sangat praktis, respon siswa kelompok kecil skor 4,12 kategori prkatis (3) Keefektifan multimedia berbasis website ditinjau melalui hasil belajar siswa dengan rata-rata skor 86,31 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86%. Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia berbasis website sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Website berbasis multimedia, media pembelajaran, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Dewi Masyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 07:23 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 07:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/488 |
Actions (login required)
View Item |