An Analysis Speech Acts In EFL At The Senior High School

Sumitri, Pande Made Rai (2019) An Analysis Speech Acts In EFL At The Senior High School. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021091-COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021091-ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021091-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021091-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI)
1512021091-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021091-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021091-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021091-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021091-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ada tiga, yaitu 1) untuk menganalisis tindakan lokusi guru, 2) untuk menganalisis tindakan ilokusi siswa, dan 3) untuk menganalisis tindakan perlokusi siswa selama EFL di Sekolah Menengah Atas Negeri di Abiansemal, Kabupaten Badung. Ada 60 siswa yang dikelompokkan dalam dua kelas utuh. Data dikumpulkan dengan mengamati interaksi oleh guru dan siswa yang merekam interaksi menggunakan kamera video tanpa gangguan selama kelas berbicara dan menulis. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis secara deskriptif dalam hal jenis tindak tutur, sub-jenis tindak tutur, dan frekuensi kemunculan di setiap tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu pra-aktivitas, sementara-aktivitas, dan pasca-aktivitas. Temuan penelitian menunjukkan secara berurutan sebagai berikut. Pertama, ada 122 dan 116 tindak tutur diproduksi sama sekali selama kelas berbicara dan menulis. Tindakan lokusi guru selama kelas berbicara terdiri dari tindakan direktif, tindakan ekspresif, tindakan deklaratif, komisif, dengan sub-jenis tindakan ucapan, ucapan selamat datang, konfirmasi, dan janji yang menjanjikan. Dan, tindakan lokusi guru selama kelas menulis terdiri dari arahan, ekspresif, komisi, dan deklaratif, dengan permintaan yang sesuai, menyambut, menjanjikan, mengonfirmasi, sub-jenis tindak tutur. Sementara itu, tindakan perlokusi siswa dalam menanggapi tindakan lokusi guru terdiri dari tindakan direktif, dan tindakan ekspresif dengan informasi yang sesuai, memberi tahu, menyambut, mengkonfirmasi, memprioritaskan, sub-jenis tindak tutur masing-masing selama kelas berbicara. Tindakan perlokusi siswa dalam menanggapi tindakan lokusi guru terdiri dari arahan, ekspresif, deklaratif, dan tindakan komisif, dengan informasi yang sesuai, menceritakan, menyambut, mengkonfirmasi, menjanjikan, sub-jenis tindak tutur masing-masing selama kelas menulis. Ada beberapa tindakan lokusi guru yang ditanggapi dalam diam atau dengan baik oleh siswa selama kelas berbicara dan menulis. Temuan penelitian menyiratkan perlunya menciptakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan produktif melalui produksi tindak tutur dan pemahaman dalam EFL. Kata Kunci : Speect acts, Locutionary acts, Illocutionary acts, and Perlucotionary acts

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Speect acts, Locutionary acts, Illocutionary acts, and Perlucotionary acts
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Pande Made Rai Sumitri
Date Deposited: 23 Oct 2019 08:22
Last Modified: 23 Oct 2019 08:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item