Pradini, Iswanda Meiliestya (2021) AN ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES ON THE MAIN CHARACTER IN HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021235-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021235-ABSTRAK.pdf Download (545kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021235-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (574kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021235-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1612021235-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021235-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (876kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021235-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021235-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (551kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021235-LAMPIRAN.pdf Download (625kB) |
Abstract
AN ANALYSIS OF CHARACTER EDUCATION VALUES ON THE MAIN CHARACTER IN HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS Oleh Iswanda Meiliestya Pradini 1612021235 English Language Education ABSTRAK Menerapkan pendidikan karakter yang baik sejak usia dini secara tidak langsung akan membentuk kepribadian yang baik bagi anak. Sebagai media, masyarakat saat ini menggunakan novel dalam penyampaian nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakterisasi Harry Potter dalam novel berjudul “Harry Potter and the Deathly Hallows” sebagai tokoh utama novel berdasarkan lima nilai inti pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, antara lain:beragama, nasionalis, mandiri, gotong royongm and berintegritas. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian kualititaf deskriptif. Subjek penelitian ini adalah novel berjudul “Harry Potter and the Deathly Hallows”. Objek penelitian ini difokuskan pada nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin pada karakterisasi Harry Potter. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik close reading dan note taking. Informasi yang diperoleh dari teknik tersebut dianalisis melalui analisis tekstual, dimana teks berperan sebagai representasi. triangulasi data, triangulasi teori, dan triangulasi investigator digunakan untuk memeriksa keterpercayaan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Harry Potter dalam “Harry Potter and the Deathly Hallows” memiliki 20 karakterisasi dan 11 nilai pendidikan karakter yang digambarkan melalui tindakan, ucapan dan deskripsi langsung oleh penulis dalam cerita tersebut. Berkaitan dengan konteks pembentukan karakter bangsa Indonesia yang dijadikan landasan penelitian, beberapa penokohan yang teridentifikasi menempati kelima nilai inti tersebut. Namun, nilai-nilai religius dan gotong royong lebih ditekankan dalam keseluruhan cerita. Implikasi yang berkaitan dengan penggunaan temuan ini sebagai bahan pembelajaran di masa depan disajikan. Kata kunci: pendidikan karakter, novel, Harry Potter, karakterisasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, novel, Harry Potter, karakterisasi |
Subjects: | P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Iswanda Meiliestya Pradini |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 13:21 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 13:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5113 |
Actions (login required)
View Item |