AN ANALYSIS OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ WRITING DEFICIENCY AT SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Agus Leo Pradipta, Kadek (2021) AN ANALYSIS OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS’ WRITING DEFICIENCY AT SMP NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1412021097-COVER.pdf

Download (209kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1412021097-ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1)
1412021097-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 2)
1412021097-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1412021097-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1412021097-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1412021097-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412021097-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1412021097-LAMPIRAN.pdf

Download (680kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekurangan dalam menulis teks recount yang dibuat oleh siswa kelas delapan SMP Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas delapan di SMP Negeri 3 Singaraja. Data dari penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tugas menulis dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teori dalam kesalahan menulis oleh Alvarado, dkk. Sementara, data kualitatif dianalisis dan ditranskripsi secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada (1) 26 kesalahan judul, (2) 33 kesalahan kalimat topik, (3) 46 kesalahan kalimat pendukung, (4) 50 kesalahan pengaturan, (5) 161 kesalahan tata bahasa , (6) 109 kesalahan diksi, dan (7) 143 kesalahan mekanika. Hasil wawancara menunjukkan bahwa penyebab kesalahan menulis siswa sebagian besar adalah tentang kebingungan, kurangnya pengetahuan tentang tata bahasa dan kosa kata, kurangnya waktu untuk berlatih, kecerobohan yang berhubungan dengan mekanik, dan kurangnya umpan balik dari guru. Dari kedua hasil tersebut, bisa ditemukan bahwa siswa memiliki kekurangan yang berhubungan dengan tata bahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: recount text, writing, writing deficiency
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Kadek Agus Leo Pradipta
Date Deposited: 15 Feb 2021 13:50
Last Modified: 15 Feb 2021 13:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item View Item