DESIGNING LITERATURE-BASED INSTRUCTIONAL MATERIALS FOR THE FIFTH-GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL

Gasella, Sinta Ary (2021) DESIGNING LITERATURE-BASED INSTRUCTIONAL MATERIALS FOR THE FIFTH-GRADE STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081030-COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081030-ABSTRAK.pdf

Download (104kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081030-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bahan ajar berbasiskan karya sastra dalam bentuk cerita pendek dan kegiatan pembelajaran untuk kelas lima sekolah dasar di Bali. Penelitian ini menggunakan model penelitian Richey dan Klein (2007) yang terdiri dari tahap menganalisis, mendesain, mengembangkan, dan mengevaluasi. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner, form analisis dokumen, dan kuisioner alias konten. Analisa dilakukan terhadap dokumen silabus dan buku pelajaran tematik yang hasilnya digunakan untuk cerita dan kuisioner tentang kegiatan pembelajaran untuk kelas lima yang hasilnya digunakan untuk mendesain kegiatan pembelajaran di kelas. Sembilan cerita pendek yang dibuat dan dikembangkan tidak hanya berdasarkan pelajaran Tematik, namun juga kosa kata terkait, nilai karakter, dan budaya Bali. Kuisioner tentang kegiatan pembelajaran digunakan untuk mendapatkan jenis kegiatan pembelajaran yang dinilai dapat diimplementasikan oleh guru. Kesembilan cerita pendek dengan kegiatan di kelas digabungkan menjadi bahan ajar tambahan. Tes konten produk untuk desain cerita dan kegiatan pembelajaran di kelas dilakukan menggunakan dua ahli dalam bidang pendidikan dan dua guru kelas lima SD. Nilai kemudian dianalisa menggunakan rumus oleh Candiasa (2010). Analisa menunjukkan bahwa desain cerita pendek dan kegiatan belajar termasuk dikategorikan memiliki kualitas isi baik dan dibentuk dalam sebuah buku cerita untuk siswa dan buku guru sebagai bahan ajar tambahan untuk kelas lima sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar berbasiskan karya sastra, cerita pendek, kegiatan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Sinta Ary Gasella
Date Deposited: 21 Feb 2021 07:47
Last Modified: 21 Feb 2021 07:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item